Senin, 16 Mei 2022

Perawatan Terbaik untuk Infeksi Kulit Panu


 

Perawatan Terbaik untuk Infeksi Kulit Panu

 

Panu adalah infeksi jamur. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari jamur yang secara alami terjadi pada kulit manusia.

 

Bila Anda menderita panu, Anda mungkin memiliki bercak kulit yang berubah warna dan gatal-gatal ringan. Infeksi tidak menular.

 

Artikel ini akan membahas panu dan penyebab serta gejalanya. Ini juga akan membahas pilihan pengobatan umum dan berapa lama Anda dapat mengharapkan infeksi bertahan.

 

Apa Penyebab Panu?

 

Panu adalah infeksi jamur kulit yang umum. Ini disebabkan oleh jamur seperti ragi yang disebut Malassezia. Infeksi jamur ini mempengaruhi melanosit, yang merupakan sel penghasil pigmen di kulit.

 

Karena infeksi disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari jamur normal, itu tidak menular.

 

Gejala Panu

 

Infeksi Malassezia menghasilkan ruam yang khas. Ruam kadang-kadang bisa dikacaukan dengan ruam kulit lainnya.

 

Ruam paling sering terjadi selama masa remaja dan dewasa awal, tetapi dapat terjadi pada usia berapa pun.

 

Ruam dapat terdiri dari makula, yang merupakan lesi kulit datar, atau plak, yang menonjol. Bintik-bintik mungkin lebih terang atau lebih gelap dari kulit di sekitarnya. Mereka biasanya lebih terlihat pada kulit kecokelatan.

 

Ruam paling sering terjadi pada batang tubuh, wajah, dan bahu. Beberapa orang melaporkan gatal, meskipun ini tidak terjadi pada semua orang.

 

Diagnosa Panu

 

Infeksi biasanya didiagnosis dengan kerokan kulit. Selama prosedur ini, dokter kulit mengangkat sedikit sampel kulit.

 

Di bawah mikroskop, Malassezia memiliki penampilan "spageti dan bakso" yang berbeda.

 

Pilihan Perawatan untuk Panu

 

Panu dapat diobati dengan beberapa cara berbeda. Jamur hidup di epidermis, atau lapisan atas kulit. Ini berarti biasanya mungkin untuk mengobati dengan obat antijamur topikal.

 

Obat-obatan ini paling efektif pada tahap awal atau kemunculan pertama infeksi.

 

Ruam yang luas mungkin perlu diobati dengan obat antijamur oral.

 

Jika Anda menderita panu, tanyakan kepada penyedia layanan kesehatan Anda tentang pilihan pengobatan. Perawatan biasanya didasarkan pada luasnya ruam Anda, berapa lama Anda mengalaminya, dan apakah itu ruam pertama Anda atau kambuh lagi.

 

Panu memiliki kemungkinan 80-% kambuh. Ini berarti banyak orang membutuhkan perawatan berulang. Pasien mungkin juga memerlukan perawatan pemeliharaan jangka panjang.

 

Antijamur tropikal

 

Antijamur tropikal adalah pengobatan standar untuk panu. Sekitar 70% kasus menanggapi antijamur yang paling efektif. Pilihan meliputi:

2% Nizoral (ketoconazole) krim atau busa

2% Nizoral (ketoconazole) shampoo

1% Lamisil (terbinafine)

1% larutan Lotrimin (clotrimazole)

 

Antijamur Oral

Obat antijamur oral dapat digunakan untuk kasus yang sulit diobati. Mereka dapat menyebabkan efek samping seperti mual atau kerusakan hati yang reversibel. Karena kursus pengobatan singkat, efek samping ini tidak umum.

Diflucan (fluconazole) adalah antijamur oral yang efektif melawan panu.

 

Shampo Ketombe

Sampo ketombe juga bisa digunakan untuk mengobati panu. Mereka tersedia di atas meja dan lebih murah daripada antijamur.

 

Shampo yang telah terbukti efektif melawan panu meliputi:

Shampo asam salisilat belerang

Shampo zinc-pyrithione

Selsun Biru (selenium sulfida) 2,5%

 

Obat-obatan ini dapat menyebabkan iritasi kulit. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum menggunakannya.

 

rekap

Panu dapat diobati dengan antijamur topikal. Antijamur oral dapat digunakan untuk infeksi yang sulit diobati. Sampo ketombe juga telah terbukti efektif.

 

Berapa Lama Panu Bertahan?

Panu biasanya tidak hilang dengan sendirinya. Ini merespon dengan baik terhadap pengobatan, tetapi sangat mungkin untuk kembali.

 

Bintik-bintik biasanya sembuh dengan cepat. Perubahan warna mungkin memakan waktu lebih lama.

 

Ringkasan

Panu adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari jamur umum. Ini menyebabkan bercak kulit yang berubah warna.

 

Kondisi ini dapat diobati dengan obat antijamur. Obat topikal biasanya bekerja dengan baik. Antijamur oral dapat digunakan dalam beberapa kasus. Beberapa orang juga sukses dengan sampo ketombe.

 

Panu biasanya merespon dengan baik terhadap pengobatan, tetapi kekambuhan sering terjadi. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang pilihan pengobatan yang tepat untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perawatan Terbaik untuk Infeksi Kulit Panu

  Perawatan Terbaik untuk Infeksi Kulit Panu   Panu adalah infeksi jamur. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari jamur yang s...