Kamis, 08 Desember 2022

6 Manfaat Kesehatan Moringa oleifera Berbasis Ilmu Pengetahuan

 6 Manfaat Kesehatan Moringa oleifera Berbasis Ilmu Pengetahuan





Moringa oleifera adalah tanaman yang telah dipuji karena manfaat kesehatannya selama ribuan tahun. Ini sangat kaya akan antioksidan sehat dan senyawa tanaman bioaktif. Berikut adalah enam manfaat kesehatan dari moringa oleifera yang didukung oleh penelitian ilmiah.


Moringa oleifera adalah tanaman yang telah dipuji karena manfaat kesehatannya selama ribuan tahun.


Ini sangat kaya akan antioksidan sehat dan senyawa tanaman bioaktif.


Sejauh ini, para ilmuwan hanya menyelidiki sebagian kecil dari banyak manfaat kesehatan yang terkenal.


Berikut adalah 6 manfaat kesehatan dari Moringa oleifera yang didukung oleh penelitian ilmiah.


1. Moringa oleifera Sangat Bergizi


Moringa oleifera adalah pohon yang cukup besar yang berasal dari India Utara.


Namanya bermacam-macam, seperti pohon stik drum, pohon lobak atau pohon minyak ben.


Hampir seluruh bagian pohonnya dimakan atau digunakan sebagai bahan obat herbal tradisional.


Ini terutama berlaku untuk daun dan polongnya, yang biasa dimakan di beberapa bagian India dan Afrika


Daun kelor merupakan sumber yang sangat baik dari banyak vitamin dan mineral. Satu cangkir daun cincang segar (21 gram) mengandung


Protein: 2 gram

Vitamin B6: 19% dari RDA

Vitamin C: 12% dari RDA

Besi: 11% dari RDA

Riboflavin (B2): 11% dari RDA

Vitamin A (dari beta-karoten): 9% dari RDA

Magnesium: 8% dari RDA

Di negara-negara Barat, daun kering dijual sebagai suplemen makanan, baik dalam bentuk bubuk maupun kapsul.


Dibandingkan dengan daunnya, polong umumnya lebih rendah vitamin dan mineralnya. Namun, mereka sangat kaya akan vitamin C. Satu cangkir irisan polong segar (100 gram) mengandung 157% dari kebutuhan harian Anda.


Pola makan masyarakat di negara berkembang terkadang kekurangan vitamin, mineral dan protein. Di negara-negara ini, Moringa oleifera dapat menjadi sumber penting dari banyak nutrisi penting.


Namun, ada satu kelemahan: Daun kelor juga mengandung antinutrien tingkat tinggi, yang dapat mengurangi penyerapan mineral dan protein.


Hal lain yang perlu diingat adalah bahwa mengonsumsi suplemen Moringa oleifera dalam kapsul tidak akan memasok nutrisi dalam jumlah besar.


Jumlahnya dapat diabaikan dibandingkan dengan apa yang Anda konsumsi jika Anda makan makanan seimbang berdasarkan makanan utuh.


RINGKASAN


Daun kelor kaya akan banyak nutrisi penting, antara lain protein, vitamin B6, vitamin C, riboflavin dan zat besi.


2. Moringa oleifera Kaya akan Antioksidan


Antioksidan adalah senyawa yang bertindak melawan radikal bebas dalam tubuh Anda.


Tingkat radikal bebas yang tinggi dapat menyebabkan stres oksidatif, yang berhubungan dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2


Beberapa senyawa tumbuhan antioksidan telah ditemukan pada daun Moringa oleifera


Selain vitamin C dan beta-karoten, ini termasuk


Quercetin: Antioksidan kuat ini dapat membantu menurunkan tekanan darah


Asam klorogenat: Juga ditemukan dalam jumlah tinggi dalam kopi, asam klorogenat dapat membantu menurunkan kadar gula darah setelah makan


Satu studi pada wanita menemukan bahwa mengonsumsi 1,5 sendok teh (7 gram) bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan secara signifikan meningkatkan kadar antioksidan darah.


Ekstrak daun kelor juga dapat digunakan sebagai pengawet makanan. Ini meningkatkan umur simpan daging dengan mengurangi oksidasi


RINGKASAN


Moringa oleifera kaya akan berbagai antioksidan, termasuk quercetin dan asam klorogenat. Serbuk daun kelor dapat meningkatkan kadar antioksidan darah.


3. Moringa Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah


Gula darah tinggi bisa menjadi masalah kesehatan yang serius. Padahal, itu ciri utama diabetes.


Seiring waktu, kadar gula darah yang tinggi meningkatkan risiko banyak masalah kesehatan yang serius, termasuk penyakit jantung. Untuk alasan ini, penting untuk menjaga gula darah Anda dalam batas yang sehat.


Menariknya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa Moringa oleifera dapat membantu menurunkan kadar gula darah.


Namun, sebagian besar bukti didasarkan pada penelitian pada hewan. Hanya sedikit penelitian berbasis manusia yang ada, dan umumnya berkualitas rendah


Satu studi pada 30 wanita menunjukkan bahwa mengonsumsi 1,5 sendok teh (7 gram) bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan mengurangi kadar gula darah puasa rata-rata sebesar 13,5%.


Studi kecil lainnya pada enam orang penderita diabetes menemukan bahwa menambahkan 50 gram daun kelor ke makanan mengurangi kenaikan gula darah sebesar 21%.


Para ilmuwan percaya efek ini disebabkan oleh senyawa tanaman seperti isothiocyanates


RINGKASAN


Daun kelor dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan sebelum rekomendasi yang solid dapat dibuat.


4. Moringa oleifera Dapat Mengurangi Peradangan


Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera.


Ini adalah mekanisme perlindungan yang penting tetapi dapat menjadi masalah kesehatan utama jika berlanjut dalam jangka waktu yang lama.


Faktanya, peradangan yang berkelanjutan terkait dengan banyak masalah kesehatan kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker


Sebagian besar buah-buahan, sayuran, herba, dan rempah-rempah utuh memiliki sifat antiradang. Namun, sejauh mana mereka dapat membantu tergantung pada jenis dan jumlah senyawa anti-inflamasi yang dikandungnya.


Para ilmuwan percaya bahwa isothiocyanate adalah senyawa anti-inflamasi utama dalam daun, polong, dan biji kelor


Namun sejauh ini, penelitian terbatas pada penelitian tabung dan hewan. Masih harus dilihat apakah Moringa oleifera memiliki efek antiinflamasi yang serupa pada manusia.


RINGKASAN


Dalam penelitian pada hewan dan tabung reaksi, Moringa oleifera telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi. Efek ini belum dipelajari pada manusia.


5. Kelor Dapat Menurunkan Kolesterol

Memiliki kolesterol tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.


Untungnya, banyak makanan nabati yang efektif menurunkan kolesterol. Ini termasuk biji rami, gandum dan almond.


Baik penelitian berbasis hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa Moringa oleifera mungkin memiliki efek penurun kolesterol yang serupa


RINGKASAN


Moringa oleifera dapat menurunkan kadar kolesterol Anda, berpotensi mengurangi risiko penyakit jantung.


6. Moringa oleifera Dapat Melindungi Terhadap Toksisitas Arsenik


Kontaminasi arsenik pada makanan dan air merupakan masalah di banyak bagian dunia. Jenis beras tertentu mungkin mengandung kadar yang sangat tinggi


Paparan arsenik tingkat tinggi dalam jangka panjang dapat menyebabkan masalah kesehatan seiring waktu.


Misalnya, penelitian telah mengaitkan paparan jangka panjang dengan peningkatan risiko kanker dan penyakit jantung


Menariknya, beberapa penelitian pada tikus menunjukkan bahwa daun dan biji Moringa oleifera dapat melindungi dari beberapa efek toksisitas arsenik.


Hasil ini menjanjikan, namun belum diketahui apakah ini juga berlaku untuk manusia.


RINGKASAN


Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa Moringa oleifera dapat melindungi dari toksisitas arsenik. Namun, ini belum dipelajari pada manusia.


Garis bawah

Moringa oleifera adalah pohon India yang telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama ribuan tahun.


Namun, hanya sedikit dari sekian banyak manfaat kesehatannya yang telah dipelajari secara ilmiah


Sampai saat ini, penelitian menunjukkan bahwa Moringa oleifera dapat menyebabkan penurunan gula darah dan kolesterol sederhana. Mungkin juga memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi dan melindungi terhadap toksisitas arsenik.


Daun kelor juga sangat bergizi dan bermanfaat bagi orang yang kekurangan nutrisi penting.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Faedah Lobak Putih dan Nanas Untuk Muka Alami

 Faedah Lobak Putih dan Nanas Untuk Muka Alami- Faedah lobak putih dan nanas ini sama banyak vit C yang sanggup menurunkan rasa nyeri. Selai...